Thursday, June 11, 2009

Eminem Relapse Album


Tiga tahun sudah Marshall Bruce Mathers III absen berkarya, periode yang cukup lama bagi seorang rapper kulit putih yang bahkan lebih kontroversial dibandingkan hip-hop itu sendiri, atau pria kulit hitam manapun yang memakai bling-bling, dan kini Eminem kembali dengan alter egonya, Slim Shady.

RELAPSE memang pas untuk mewakili rangkaian karya dari Em di album ke-6nya ini, konsep yang mendeskripsikan akhir dari masa-masa konsumsi drugs, menjalani rehab dan kembali menjadi seorang Slim Shady.

We Made You dijadikan opening single, sebuah re-make comedic satire dari single-single lama macam Just Lose It, Without Me, dan The Real Slim Shady, Jangan heran jika Jessica Simpsons, Kim Kardhasian, Lindsay Lohan sampai Amy Winehouse jadi obyek yang dikoyak oleh olokan sarkas-namun benar adanya oleh Eminem, karena tipikal single seperti itulah yang pernah mengantarkan pria asal Detroit itu, menjual lebih dari 75 juta kopi album secara global.

Dua minggu kemudian, peraih Academy Award for Best Original Song untuk film 8 MILE pada 2002 tersebut, kembali merilis second single bertitel 3 a.m. Single yang diproduseri Dr Dre ini terinspirasi dari film thriller yang dibintangi oleh Anthony Hopkins, SILENCE OF THE LAMBS, lengkap dengan lirik explicit contentnya. Satu lagi yang mendukung karakter single ini, adalah sebuah video klip surealis-suspense buatan Syndrome.

Berikutnya, ada single ke-3, Old Time's Sake yang sukses meraih simpati dari kritikus beserta media, sebuah track yang dibangun dengan beat-beat low-frequency khas rapper West Coast, di sini Dr Dre benar-benar menunjukkan pada publik, jika Timbaland hanyalah seorang newbie dalam bisnis keproduseran.

Single ke-4 yang menyusul adalah Beautiful, merupakan best cut track yang akan mengingatkan Anda kepada super hits Stan feat. Dido yang rilis hampir sepuluh tahun silam. Pada awal single Beautiful, Eminem sengaja memasukkan sampling lagu Reaching Out milik Paul Rodgers, gitaris grup legend Bad Company yang diciptakannya bersama Brian May, gitaris Queen.

Sisanya, Eminem nampaknya benar-benar telah menjadi the real Slim Shady, tapi bedanya, ia ini lebih lethal dan teatrikal dalam tongue twister explicit liriknya. Crack A Bottle, track duetnya bersama 50 Cents dan Dr Dre yang pernah bertengger di puncak Billboard Top Charts, My Mom, Bagpipes from Baghdad, serta Same Song and Dance yang habis-habisan menelanjangi Britney Spears.

Overall, single-single Em memang jauh dari standarisasi Contemporary hit radio, yang mengharuskan lirik ringan disertai aransemen pop catchy, tapi justru di situlah kekuatan dari ayah Hailie Jade Scott ini, obyek dari semua bahan repetannya itu adalah dirinya sendiri, ditemani ritme low end bernuansa funk dari sang produser Dr Dre, nampaknya suksesi ini adalah pencapaian terbaik Em, yang mengingatkan debut albumnya pada 1991, THE SLIM SHADY LP. The real Slim Shady please stand up!

(copy pasted from kapanlagi.com)

No comments: