Sunday, October 12, 2008

sekilas tentang MANDO (beatboxer dari Jerman)

Seniman Beatbox terbaik Jerman, Daniel Mandolini akan unjuk kebolehan di sejumlah kota di Indonesia pada 24-29 Oktober dalam rangkaian Festival Film Eropa 2008 (Europe on Screen).


Pusat Kebudayaan Jerman, GoetheHaus, menyampaikan hal tersebut melalui rilis media di Jakarta, Jumat (10/10). Kedatangan Mando (panggilan Daniel Mandolini) dalam misi budaya untuk menyertai pemutaran film yang dibintanginya LOVE, PEACE, AND BEATBOX dalam Festival Film Eropa 2008.


Sebelumnya wakil penyelenggara Festival Film Eropa 2008 yang juga Duta Besar Prancis Philippe Zeller di Jakarta, Kamis (9/10) mengungkapkan Mando adalah seorang seniman dengan kemampuan yang tak biasa, yakni Beatboxing. Beatboxing adalah satu jenis perkusi suara yang berkaitan dengan kultur hiphop.


Sedangkan beatbox merupakan seni menghasilkan suara musik dengan menggunakan mulut. Beatbox sering disebut unsur kelima hiphop, meski sebenarnya musik ini tidak terbatas hanya pada hiphop.


Mando mulai memainkan beatbox pada tahun 1999 dan telah dua kali menjadi juara beatbox se-Jerman (2006 & 2007). Pada tahun 2003 ia mendirikan '4xSample' yang menjadi juara pertama pada kejuaraan 'Team-Beatbox Jerman 2006'.


Dalam Berlinale (Festival Film Berlin ) 2008 Mando merayakan pemutaran perdana film LOVE, PEACE, AND BEATBOX karya sutradara Volker Meyer-Dabisch yang dirilis pada 2007 ini. Dalam film tersebut Mando tampil bersama kelompoknya, 4xSample dan mereka memainkan peranan penting di dalamnya.


"Kami ingin publik di Indonesia menyaksikan filmnya, sekaligus melihat bagaimana seni beatbox dari seniman beatboxing terbaik Jerman. Kami berharap ini bisa memberi kontribusi untuk saling mengenal dan kemudian saling memahami antara Indonesia dan Jerman," ujar Pilippe Zeller.


Jadwal tur Mando selama di Jakarta adalah di Universitas Pelita Harapan (24/10), Ruang Rupa Gallery (26/10), Bandung (27/10), dan Yogyakarta (29/10). Selain itu Mando juga akan tampil khusus di GoetheHaus pada 25 dan 10 Oktober.


Kedatangan Mando merupakan bagian dari Festival Film Eropa yang yang berlangsung di Jakarta dan delapan kota besar lainnya di Indonesia. Festival film tahunan ini merupakan gagasan dari 19 kedutaan besar negara-negara Eropa di Indonesia. Mereka mendapat dukungan juga dari Komisi Uni Eropa.

(sumber moc.igalnapak)

No comments: